Terjemahkan Blog Ini

Headlines News :
Home » , , » Kurang Gerak Bahayakan Otot

Kurang Gerak Bahayakan Otot

Written By Guru GO on 01 Juli 2008 | 05.37

Kurang gerak dapat membuat otot penyangga dan pelindung tulang belakang menjadi lemah. Hal itu terungkap setelah peneliti asal Australia melakukan pemantauan terhadap sebuah kelompok responden berisikan 19 pemuda. Mereka menghabiskan delapan minggu di tempat tidur.
Bahaya yang sama juga menghantui mereka yang terlalu lama menonton televisi atau bekerja di depan komputer. Sakitnya dikatakan sama hebatnya dengan cedera fisik. Pada penelitian sebelumnya terungkap kasus yang paling sering terjadi adalah sakit pada punggung bagian bawah.
Pada orang-orang dengan deskripsi aktivitas tadi, otot penyangga tulang belakangnya tidak aktif. Dalam beberapa kasus dua set otot malah tidak bekerja. Sekitar 15 persen kasus disebabkan oleh kerja angkat berat, pukulan cambuk, dan salah urat.
Meski begitu, bagi kebanyakan orang penyebab sakit di bagian punggung bawah tetap menjadi misteri. Terlebih setelah dokter tidak berhasil mencari penyebabnya. Berdasarkan penelitian teranyar ini kemungkinan besar rasa sakit itu datang dari kurang gerak dalam kurun waktu yang lama. “Soalnya, otot lunak dan tulang perlu dilatih agar vitalitasnya terjaga,” kata Robert Moor dari Adelaide Centre Spinal Research.
Peneliti dari University of Queensland melihat orang yang menghabiskan waktu delapan minggu di kasur memliki masalah otot yang sama dengan pasien sakit punggung bagian bawah. Lewat Magnetic Resonance Imaging (MRI) terlihat jelas otot tulang belakang mereka sudah tidak aktif. “Memulihkannya kembali bukanlah pekerjaan mudah,” kata Juli Hides, anggota tim peneliti.
Pemulihan otot agar menjadi aktif, lanjut Hides, tidak bisa dilakukan hanya dengan mulai berlatih. Beberapa responden yang dipantau berlatih selama enam minggu malah belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. “Temuan ini sangat masuk akal,” komentar Moor.

Sumber Republika : Sabtu, 28 Agustus 2004
Share this post :

Poskan Komentar

Anda merasa mendapatkan KEBAIKAN dari postingan ini? SILAHKAN BERKOMENTAR secara santun, bijak, dan tidak menghakimi. TERIMAKASIH telah sudi meninggalkan komentar di sini. Semoga hidup Anda bermakna. amin...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Guru GO! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger