Terjemahkan Blog Ini

Headlines News :
Home » » BNI Syariah: Simple Choice for a Better Life

BNI Syariah: Simple Choice for a Better Life

Written By Guru GO on 01 November 2012 | 14.59



Alhamdulillah semakin hari kehadiran bank syariah semakin menjamur. Ini menandakan bahwa perkembangan bisnis keuangan syariah semakin diminati oleh masyarakat kita. Kita patut bersyukur dengan perkembangan bagus ini. Hadirnya BNI Syariah juga menambah pilihan alternative bagi masyarakat muslim dalam berhubungan dengan jasa keuangan syariah.

Harus Beda
Bagi BNI Syariah sendiri, banyaknya bank syariah yang sudah ada di tanah air merupakan tantangan agar BNI Syariah tampil sebagai bank syariah yang berbeda dari yang lain. BNI Syariah harus berani bersaing ketat dengan bank syariah lainnya sehingga BNI Syariah menjadi bank pilihan utama masyarakat dalam melakukan simpan pinjam. Tentunya BNI Syariah perlu belajar bagaimana operasional bank-bank syariah yang sudah ada.
BNI Syariah janganlah seperti bank syariah yang lain yang tampil bermuka manis ketika didirikan namun bermuka ‘durja’ setelah merasa besar. Dari pengamatan saya pribadi, sebagai seorang nasabah, ada bank syariah yang ketika pada masa awal pendirian melakukan promosi yang sangat menggiurkan, seperti bebas administrasi, saldo bisa nol rupiah selama berbulan-bulan, bebas menarik uang di ATM Bersama, dan seterusnya. Tapi seiring waktu dengan semakin bertambahnya nasabah, maka bank syariah tersebut mulai berubah wajah menjadi bank yang sama sekali tidak pro-rakyat.
Bank berlabel syariah tersebut misalnya menetapkan bebas administrasi bagi nasabah yang memiliki saldo rata-rata tiga juta rupiah perbulan, namun menetapkan bea administrasi sekian ribu rupiah bagi nasabah yang saldonya di bawah itu. Alhasil, masyarakat kecil yang tentu saja saldonya minim lama kelamaan akan habis saldonya hanya untuk biaya administrasi bulanan. Jika demikian maka, benar kata Bang Haji Rhoma Irama, yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin.

Murabahah Emas
Salah satu produk BNI Syariah yang cukup bagus adalah produk kepemilikan logam mulia (KLM). Sudah menjadi rahasia umum bahwa memiliki emas tidak ada ruginya. Mengapa? Karena harga emas selalu di atas kenaikan inflasi. Harga emas diperkirakan selalu naik sekitar 20% pertahun. Maka produk KLM yang ditawarkan oleh BNI Syariah sangat tepat bagi masyarakat yang ingin ‘mengamankan’ hartanya dari inflasi.
Maksud dari sistem murabahah emas adalah BNI Syariah yang akan membelikan emas yang diinginkan nasabahnya, kemudian nasabah dapat melakukan angsuran untuk pembelian tersebut. Hampir mirip dengan produk KPR, namun murabahah emas ini lebih simple. Jika KPR menetapkan uang muka 30% maka murabahah emas ini hanya menetapkan uang muka 15%. Jika KPR menetapkan maksimal pembayaran kreditnya adalah 30% dari income bulanannya, maka murabahah emas ini menetapkan maksimal pembayaran kreditnya adalah 40% dari income bulanannya.
Sebenarnya program KLM ini juga dimiliki oleh jasa keuangan syariah lainnya, misalnya pegadaian syariah juga memiliki program ini. Namun program BNI Syariah lebih simple karena hanya menetapkan uang muka 15%, sedangkan di pegadaian syariah dalam produk yang sama menetapkan uang muka sebesar 25 – 45% tergantung jangka atau masa pembiayaan, semakin lama masa pembiayaan maka uang muka pun semakin besar.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah, tidak ada ruginya menabung di bank syariah. Pilihlah bank syariah yang paling pro-rakyat. Dan BNISyariah adalah pilihan yang tepat karena simple. BNI Syariah: Simple Choice for a Better Life!
Selamat menabung!
(Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba yang diadakan atas kerjasama antara Koran Republika dengan BNI Syariah yang bertemakan “MEMANFAATKAN PRODUK BNI Syariah UNTUK BISNIS ATAU KELUARGA ANDA”).
Share this post :

Poskan Komentar

Anda merasa mendapatkan KEBAIKAN dari postingan ini? SILAHKAN BERKOMENTAR secara santun, bijak, dan tidak menghakimi. TERIMAKASIH telah sudi meninggalkan komentar di sini. Semoga hidup Anda bermakna. amin...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Guru GO! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger