Terjemahkan Blog Ini

Headlines News :
Home » , , » Jika Banyak Orang Miskin, Jangan Buru-Buru Menyalahkan Pemerintah!!!

Jika Banyak Orang Miskin, Jangan Buru-Buru Menyalahkan Pemerintah!!!

Written By Guru GO on 23 April 2009 | 11.21

Memang mudah orang untuk menuding. Orang mudah untuk menyalahkan. Katakanlah jika suatu saat Anda sedang naik bis. Kemudian di depan bis ada becak yang lambat jalannya. Pasti Anda buru-buru menyalahkan becak. Mengapa? Karena Anda naik bis. Seandainya Anda-lah yang sedang naik becak, pasti Anda pun menyalahkan bisnya.

Orang miskin dan bahkan orang kelaparan sampai meninggal bukan semata tanggungjawab pemerintah. Tapi adalah TANGGUNG JAWAB TETANGGAnya juga. Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah beriman seseorang, bila ia dalam keadaan kenyang sementara tetangganya kelaparan." (Al Adabul Mufrad no. 112, dishahihkan asy-Syaikh al-Albani). Sungguh luar biasa agama Islam. Akhlaq dengan tetangga ini sudah diatur sejak 14 abad silam.
Dalam hadits lain disebutkan bahwa kita diharuskan memberi makanan tetangga kita. Rasulullah SAW bersabda: "Wahai Abu Dzar, bila engkau memasak maka perbanyaklah kuahnya, kemudian engkau bagikan kepada tetanggamu." (HR. Muslim).
Jadi, jangan sampai kita sebagai orang yang beriman tidak mengetahui jika ada tetangga kita yang sakit, kelaparan,atau kekurangan. Itulah pentingnya dibentuk Rukun Tetangga (Rt) dan Rukun Warga (Rw) supaya para Kepala Keluarga (KK) di satu daerah bisa bersatu padu mengangani masalah ke-rt-an dan ke-rw-an. Seandainya ini berjalan dengan baik, pasti tidak ada akan lagi orang yang mati karena kelaparan.
Kebanyakan orang sekarang sudah mulai egois. Ia hanya memikirkan dirinya sendiri. Tidak peduli dengan nasib orang lain. Jangan menuduh Pemerintah tidak peduli, jika kita sendiri tidak peduli terhadap lingkungan. Bahkan banyak juga di zaman sekarang ini orang yang tidak kenal dengan tetangganya sendiri. Salah siapa kalau ia dirampok dan tidak ada yang menolong? Salah siapa kalau rumahnya kebakaran dan tidak ada yang ikut memadamkan?
Meskipun ia punya teman yang anggota polisi atau TNI sekalipun, tidak mungkin saat dirampok sang "sahabat terbaik" itu segera datang. Meskipun ia punya perusahaan Pemadam Kebakaran, tidak mungkin saat kebakaran terjadi mobil pemadam kebakaran segera datang untuk menyelamatkan barang-barang berharganya. Siapa yang menolong pertama kali? Pasti tetangga Anda.
Berbuat baiklah pada tetangga. Mudah-mudahan Anda dimudahkan dalam masuk Surga. Aminnn.
Share this post :

+ Komentar + 1 Komentar

25 April 2009 16.37

tetep mas...
sing salah ki negoro

Poskan Komentar

Anda merasa mendapatkan KEBAIKAN dari postingan ini? SILAHKAN BERKOMENTAR secara santun, bijak, dan tidak menghakimi. TERIMAKASIH telah sudi meninggalkan komentar di sini. Semoga hidup Anda bermakna. amin...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Guru GO! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger