Terjemahkan Blog Ini

Headlines News :
Home » , , , » Berapakah SEBENARNYA umur kita?

Berapakah SEBENARNYA umur kita?

Written By Guru GO on 08 Januari 2014 | 08.38


Rata-rata umur manusia dari lahir sampai meninggal berkisar antara 60 sampai 70 tahun. Kita coba ambil pertengahannya yakni 65 tahun. Namun umur tersebut belum dikurangi dengan usia baligh, usia dimana manusia mulai dihitung amal maupun dosanya. Rata-rata usia baligh untuk lelaki adalah sekitar 15 tahun dan untuk perempuan sekitar 12 tahun. Jika umur manusia 65 tahun dikurangi usia baligh 15 tahun, maka umur efektif manusia hanya 50 tahun atau 18.250 hari.

Tapi tunggu dulu. Ternyata usia 50 tahun itu pun masih usia kotor, alias sudah termasuk kegiatan kita yang tidak bermutu seperti mengobrol ngalor ngidul, menonton sinetron, melamun, merokok, dan sebagainya. Marilah kita mencoba menghitung berapakah usia efektif kita?

Katakanlah kita tidur 8 jam sehari, maka artinya dalam waktu 50 tahun tersebut kita sudah tidur selama 8 jam x 18.250 hari = 146.000 jam atau 16 tahun 7 bulan (dibulatkan menjadi 17 tahun). Coba bayangkan, 17 tahun hanya dipakai untuk tidur? Belum lagi bagi mereka yang tumor, alias tukang molor, mungkin tidurnya bisa 20 tahun atau lebih.

Sekarang kita coba menghitung aktivitas kita di siang hari. Rata-rata kita beraktivitas di siang hari selama 12 jam. Artinya dari waktu 50 tahun tersebut waktu yang kita pakai untuk beraktivitas adalah 12 jam x 18.250 = 219.000 jam atau 25 tahun. Apa saja aktivitas yang kita lakukan? Ada yang bekerja, ada yang berzina, ada yang sedekah, ada yang menonton sinetron, ada yang menyebarkan ilmu, dan sebagainya.

Sekarang waktu kita tinggal 8 tahun, karena 17 tahun kita pakai untuk tidur dan 25 tahun kita pakai untuk beraktivitas. Apakah benar waktu kita yang tinggal 8 tahun itu untuk ibadah? Mari coba kita hitung berapa tahunkah kita sholat.

Anggap saja kita sholat memakan waktu 10 menit. Jika kita sholat lima waktu berarti dalam sehari kita memakai 50 menit untuk sholat, kita bulatkan saja menjadi 60 menit atau 1 jam sehari. Jika kita hitung maka umur 50 tahun tersebut kita hanya sholat selama 2 tahun. Ya kita hanya menyisihkan waktu 4 persen hidup kita untuk sholat? Namun anehnya banyak manusia yang enggan melakukannya. Sungguh teramat tidak ada artinya nilai 4 persen dibanding aktivitas kita yang lain.

Ya benar, sekolah, bekerja itu ibadah (kalau niatnay ibadah). Tapi banyak manusia yang sekolah hanya ingin mendapatkan ijazah. Banyak manusia yang bekerja hanya ingin mencari sampah-sampah dunia. Naudzubillah...

Marilah kita perbanyak ibadah kita karena kita hidup ini tugasnya Cuma satu menyembah Alloh. Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya’buduni. Dan AKU tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan agar mereka menyembah-KU. Semoga hidup kita tidak sia-sia. Amin... (guruGO.blogspot.com)

Share this post :

+ Komentar + 2 Komentar

13 Februari 2016 08.30

sangat menyentuh sekali, semoga kita senantiasa kembali kepada ALLOH,dan diberikan Hidayah Taufiq untuk selalu beribadah kepadanya...

7 April 2016 13.24

Aaamiin. Maturnuwun atas komentarnya... Aaamiin atas doanya.

Poskan Komentar

Anda merasa mendapatkan KEBAIKAN dari postingan ini? SILAHKAN BERKOMENTAR secara santun, bijak, dan tidak menghakimi. TERIMAKASIH telah sudi meninggalkan komentar di sini. Semoga hidup Anda bermakna. amin...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Guru GO! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger